15 TRIK YANG DAPAT DILAKUKAN AGAR TETAP FOKUS PADA PEKERJAAN

Anda bertekad untuk menyelesaikan pekerjaan dengan segera, dan tiba-tiba terjadi sesuatu. Anda tidak memikirkan tentang bagaimana caranya mengalihkan setiap gangguan lalu anda pun memberikan perhatian kesana.

Mulai dari lima menit, sampai sepuluh menit. Bahkan terkadang memakan waktu hingga lebih dari satu jam. Ketika anda kembali bekerja, anda sudah tidak tahu lagi dimana terakhir kalinya anda meninggalkan pekerjaan tersebut atau anda heran mengapa tidak bisa mendapatkan kembali pikiran dan hatimu kedalamnya sehingga anda tidak bisa fokus dan menjadi kurang produktif di tempat kerja.

Karena tidak ada kesempatan untuk menutup dunia saat anda sedang sibuk, keputusan untuk tetap fokus di tempat kerja berada di tangan anda. Kita disini membicarakan tentang menemukan teknik yang tepat, mengetahui prioritas anda dan menjalankannya.

Apakah anda masih belum menemukan idenya? Nah, disini sudah saya hadirkan artikel tentang 15 trik yang dapat dilakukan agar tetap fokus pada pekerjaan, diantaranya adalah :

1. Selalu menemukan hal-hal yang inspiratif dan menyenangkan

Setiap tugas yang penting atau rutin, tentu mengambil sebagian besar fokus seseorang. Sebelum mulai mengerjakan sesuatu, tanyakan kepada diri sendiri “Mengapa saya harus melakukannya?”. Dengan adanya jawaban sendiri, anda mempunyai tujuan yang harus diraih dan anda pun menghargai tugas tersebut.

Setelah itu, tugas pun akan menjadi menyenangkan sehingga anda memungkinkan kreatifitas dan imajinasi untuk masuk kedalam proses. Namun, jangan terlalu membatasi diri anda; anda harus terbuka pada ide-ide baru yang menyenangkan.

2. Memilih kombinasi kursi dan meja yang baik

Banyak orang yang bekerja berat dengan menggunakan fisiknya, bahkan jika mereka duduk hampir di sepanjang waktu.
Anda jangan sampai kehilangan waktu yang berharga karena terganggu dengan rasa ketidaknyamanan.

Dapatkan tempat duduk yang benar-benar baik karena hal tersebut dapat mendukung proses kenyamanan kerja anda, pastikan meja kerja dan kursi terstruktur dengan baik. Dengan cara itu, anda dapat bekerja selama berjam-jam dan tubuh serta mata anda tidak menjadi tegang.

3. Dapatkan ruang kerja yang terorganisir

Terlalu banyak barang yang terletak diatas meja anda dapat menjadi hal yang sangat mengganggu. Untuk tetap fokus di tempat kerja, yang harus anda lakukan adalah merapikan semua barang yang menumpuk diatas meja anda dan menempatkan sisanya dengan baik, seperti menaruhnya di laci atau rak sehingga anda memiliki tempat untuk meletakkan makanan dan minuman, tas atau dompet dan barang-barang pribadi lainnya.

Pastikan barang-barang pribadi anda tetap berada didalam jangkauan sehingga anda bisa mengambilnya tanpa harus kehilangan fokus terhadap apa yang telah anda lakukan.

4. Membuat komputer anda bebas gangguan

Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang menggunakan PC untuk mengerjakan pekerjaannya. Buatlah jalan pintas untuk semua program yang biasa digunakan.

Masukkan ke dalam satu folder semua file yang terkait dengan setiap proyek atau tugas. Kemudian pastikan PC anda selalu terbebas dari virus untuk menyelamatkan anda dari pemeriksaan dan perbaikan yang rumit. Apabila kasus ini tidak ditangani dengan segera, maka akan menyebabkan stress dan berkurangnya minat untuk menyelesaikan tugas-tugas.

5. Minulah air putih secukupnya

Minum air putih tidak hanya sehat, tetapi dapat juga menyegarkan tubuh anda. Ketika anda merasakan tanda pertama dari rasa lelah dan lapar, segelas air dapat mendorong rasa itu pergi sehingga anda dapat menyelesaikan tugas yang anda lakukan dan beristirahat di lain waktu. Selain itu, tidak semua suara keroncongan adalah tanda lapar, minumlah segelas air karena biasanya hal itu berhubungan dengan rasa dahaga juga.

Pastikan anda dapat menjangkau segelas air putih dengan mudah. Dengan cara itu, anda tetap bisa fokus di tempat kerja dan tidak harus berjalan ke arah dispenser.

6. Siapkan cemilan

Sama seperti menjangkau air putih dengan mudah, makanan yang bisa menghilangkan rasa lapar harus selalu anda siapkan. Untuk alasan yang sama, cara ini dapat membuat anda fokus 100% di tempat kerja. Jadi pastikan cemilan tetap berada didalam jangkauan tangan anda juga.

7. Buatlah daftar tugas harian “yang harus dilakukan” dan taruh di dekat anda

Hal ini akan selalu membantu anda, buatlah sebuah daftar tugas dan letakkan di samping PC anda (atau di tempat mencolok lainnya). Buatlah daftar ini juga didalam PC atau ponsel sehingga ketika anda membuka PC atau ponsel, anda akan segera mengetahui apa saja yang harus dikerjakan hari ini.

8. Prioritaskan tugas

Satu jam pertama di tempat kerja adalah waktu dimana orang bekerja secara produktif. Hal ini disebabkan karena semua energi tidak semua tersalurkan. Jadi kerjakanlah semua tugas yang berat, sulit dan menantang selama satu jam pertama. Lakukanlah hal ini diikuti dengan pekerjaan yang tidak terlalu mendesak dan kemudian akhiri dengan mengerjakan tugas rutin yang membosankan.

Metode ini akan membuat anda untuk tetap fokus di tempat kerja tanpa harus menghabiskan waktu berharga. Lakukan hal ini maka anda tidak akan ditekankan dengan tugas-tugas penting di akhir hari kerja.

9. Biarkan rekan sekerja mengetahui kebijakan pribadi anda

Jika anda bertekad untuk membuat sistem kerja pribadi, biarkanlah rekan sekerja mengetahui hal tersebut. Kemungkinannya adalah anda akan ditinggalkan sendirian sehingga anda dapat memfokuskan diri kepada pekerjaan yang sangat penting. Ketika rekan sekerja anda telah mengetahui “waktu luang” anda, mereka akan mengajukan pertanyaan dan berbicara selama periode tersebut.

10. Mengenakan headphone

Didalam sebagian besar ruangan kantor, ada banyak sumber suara yang dapat mengganggu konsentrasi seperti polisher lantai, bunyi gadget rekan sekerja, orang-orang berbicara, telepon berdering, dan suara benda yang jatuh ke lantai. Untuk mencegah hal itu, anda bisa mengenakan headphone sehingga anda dapat tetap fokus di tempat kerja. Headphone akan menangkan suara mengejutkan.

11. Jadilah orang yang tak terjangkau, sibuk atau “tak terlihat”

Tidak semua pesan yang masuk ke handphone adalah pesan yang penting. Jadi ubahlah mode handphone anda ke modus diam selama jam kerja sehingga anda dapat menempatkan semua perhatian ke dalam pekerjaan anda. Anda juga dapat memilih untuk mengaktifkan layanan pesan suara.

Misalnya pada pesan instan, atur status untuk menunjukkan jikalau anda sedang “sibuk” atau “tidak terlihat” saat anda bekerja. Jika anda masih mendapatkan pesan instan, maka matikan ponsel dan nyalakan disaat anda sudah tidak mengerjakan tugas lagi.

12. Jauhi situs jejaring sosial

Situs ini tidak dimaksudkan untuk diperiksa setiap saat. Jadi disiplinkan diri anda dan lakukan ini ketika anda sudah mendapatkan waktu luang.

Ada kecenderungan kuat bahwa anda akan tinggal lebih lama dari yang direncanakan karena sesuatu yang baru, menarik dan ceria yang selalu datang di situs jejaring sosial. Tidak hanya akan mengalahkan tujuan anda untuk tetap fokus di tempat kerja, tetap disana ada banyak informasi yang bisa mendapatkan pikiran anda tanpa perlu terganggu seperti status temanmu tentang patah hati, atau membahas wanita cantik.

13. Mengatur email anda

Kegiatan yang dapat membuat stress dan mengganggu adalah email. Dalam sehari, kita sering mendapatkan email dalam jumlah yang banyak. Mungkin kesemua email itu merupakan gabungan dari pesan pribadi, pekerjaan, promo dan spam.

Salah satu cara yang baik untuk menghindarinya adalah miliki alamat email yang terpisah, seperti email khusus di tempat kerja dan email pribadi. Dengan melakukan hal ini, anda telah menyaring semua email dengan baik. Setelah anda memiliki waktu luang, maka anda dapat memeriksa kembali kedua email anda.

14. Merancang ulang penggunaan ponsel anda

Ponsel dimaksudkan untuk masalah yang penting. Dengan mengamati aturan tersebut akan membantu anda untuk tetap fokus di tempat kerja.

15. Memilih musik yang cocok

Gunanya memilih musik di latar belakang saat anda bekerja adalah untuk memberikan kemudahan dan inspirasi. Didalam beberapa kasus, mendengarkan musik dapat memompa adrenalin sehingga mereka dapat bekerja dengan energi yang lebih besar.

Tetapi tidak semua jenis musik menyenangkan bagi semua orang karena ada juga yang tidak cocok dengan suasana hati orang lain. Jadi, aturlah musik yang sesuai. Selain membantu anda untuk tetap fokus di tempat kerja, gangguan pun tidak ada.

Comments are closed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *